Jumat, 19 Agustus 2011

kesuBuRaN Pria

Satu hal yang paling mengerikan bagi pria adalah disfungsi ereksi atau impotensi yang membuatnya sulit melakukan ereksi saat berhubungan seksual. Tapi ada caranya menjadi pria subur dengan menghindari kebiasaan berikut.

Asal tahu saja, kesulitan mendapatkan anak bukan hanya perempuan yang menjadi penyebabnya. Sepertiga masalah pasangan sulit hamil berasal dari laki-laki yang mengalami gangguan kesuburan.

Ketidaksuburuan atau infertilitas adalah ketidakmampuan untuk hamil dalam waktu 1 tahun setelah rutin berhubungan tanpa kontrasepsi.

Masalah gangguan kesuburan pria ini antara lain faktor genetik, kondisi kesehatan, infeksi, stres hingga penggunaan obat-obatan tertentu.

Seperti dikutip dari MSNHealth, Jumat (26/11/2010) ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang laki-laki untuk meningkatkan peluangnya mengatasi atau menghindari ketidaksuburan.

Setidaknya ada 7 cara membuat pria jadi subur yaitu:

Katakan selamat tinggal untuk pakaian ketat
Menggunakan pakaian longgar atau yang tidak ketat akan memungkinkan bagi testis untuk bernapas. Hal ini karena pakaian yang ketat bisa meningkatkan suhu testis sehingga dapat membunuh atau menurunkan kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

Menjauhlah dari bak air hangat
Berendam air hangat atau air panas bisa merusak kesuburan dengan cara membunuh sperma yang sudah dihasilkan. Namun dokter mengungkapkan masih tetap aman untuk menggunakan kamar uap (steam room).

Mengonsumsi L-karnitin dan asetil-L-karnitin
Laki-laki dengan jumlah sperma yang rendah bisa mencoba mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung L-karnitin dan asetil-L-karnitin. Kandungan ini memainkan peran dalam proses perkembangan, pematangan dan pemeliharaan sperma, sehingga dapat mengoptimalkan kuantitas dan kualitas sperma.

Berhenti menggunakan kondom
Jika sedang menjalani hubungan monogami dan merencanakan untuk memiliki anak, sebaiknya hentikan penggunaan kondom untuk meningkatkan peluang tersebut.

Jangan berlebihan dalam berhubungan seks
Berhubungan seks secara berlebihan tidak akan meningkatkan peluang pasangan untuk hamil, bahkan jika seseorang melakukan 4-5 kali hubungan seks dalam sehari. Hal ini karena jumlah sperma menurun drastis setelah ejakulasi, dan biasanya membutuhkan waktu 48 jam untuk bisa mencapai tingkat pra-ejakulasi.

Mengonsumsi antioksidan
Nutrisi yang dikonsumsi bisa membantu sperma tumbuh sehat. Hal ini karena tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan kemandulan pada beberapa laki-laki, karena radikal bebas dapat merusak sel-sel yang sehat termasuk sperma.

Sperma memang memerlukan radikal bebas untuk membuah sel telur, tapi jumlahnya hanya sedikit. Jika terlalu banyak bisa merusak membran sel sperma dan DNA, serta mengurangi kemampuan sperma untuk membuahi. Untuk itu bagi perokok atau laki-laki dengan tingkat radikal bebas tinggi, diharapkan mengonsumsi banyak antioksidan seperti beta karoten, vitamin C dan vitamin E.

Sedikit atau tidak sama sekali konsumsi alkohol
Studi menunjukkan laki-laki yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dapat merusak kesuburannya. Seorang peminum berat sangat mungkin berakhir dengan hati yang rusak, tingkat estrogen yang meningkat di dalam hati yang rusak dapat menyebabkan gangguan produksi sperma.
detikhealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar